Sabtu, 28 Desember 2013

Research Activity


Kegiatan Penelitian
Siapakah yang perlu melakukan penelitian? Pertanyaan ini sangat sepele tetapi mengundang banyak jawaban. Sebenarnya yang membutuhkan penelitian tidak lain adalah orang yang membutuhkan ilmu atau gemar menggeluti ilmu pengetahuan.
Jenis penelitian
1. Operation research (action research)
Operation research dan action research tidak sama. Operation research menunjuk pada kegiatan yang sedang berlangsung, yaitu penelitian tidak sekedar menciptakan sesuatu yang baru, tetapi juga menempel pada kegiatan yang sedang berlangsung.
Action research menunjuk pada tindakan, peneliti melakukan suatu tindakan, eksperimen yang secara khusus diamati terus menerus, dilihat plus minusnya, kemudian diadakan pengubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam bentuk tindakan yang paling tepat.
2. Experiment (percobaan)
Dengan cara ini peneliti sengaja membangkitkan suatu kejadian atau keadaan, kemudian diteliti bagaimana akibatnya. dengan kata lain, eksperimen adalah suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Eksperimen selalu dilakukan dengan maksud untuk melihat akibat dari suatu perlakuan.
Sumber: 
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta: Jakarta
Related link:
Research activity
Tipe penelitian
Analytical Hierarchy Process in Selection
Analytical Hierarchy Process Scale
Random Index of Analytical Hierarchy Process

Related Post:

Written by: Hyen Indiar Advariant Updated at: 10.15

Penulis: Unknown ~ Building directory

Artikel Research Activity ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 28 Desember 2013 Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Research Activity ini. Sertakan link https://advariant.blogspot.com/2013/12/research-activity.html ini jika anda gunakan sebagai referensi. Semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda menyukai Blog ini, silahkan like di http://facebook.com/hyen.indiar dan follow kami di http://twitter.com/linkvariasi. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang sopan, setiap komentar yang sesuai tema akan diterima dengan baik, dan yang Anonymous kami mohon maaf terpaksa dihapus!