Sabtu, 08 Februari 2014

Kampung fiksi: Edukasi, informasi, konsultasi

Kampung fiksi adalah komunitas buat orang yang doyan nulis, terutama fiksi. Para fans/ anggota Kampung fiksi disebut fictionholic society. Keuntungan terbesar bergabung dengan Kampung fiksi ini adalah setidaknya anda akan mendapatkan tiga manfaat yaitu, edukasi, informasi, konsultasi. Penjabarannya, akan diuraikan di bawah ini, be patient, please!
Anda tahu kenapa Kampung fiksi itu bernilai edukasi? Jawabnya sederhana karena Kampung fiksi menyediakan pelayanan kelas online menulis fiksi. Memberikan edukasi kepada penulis yang masih baru/ amatiran untuk belajar lebih dalam mengenai ilmu menulis fiksi. Kalau mau menjadi penulis professional belajarnya di Kampung fiksi saja! Kegiatan lain Kampung Fiksi yang menunjang edukasi adalah:
  • Remake/Rewrite
  • Book Traveling Campaign
  • Grup Book Traveling Campaign
  • Grup J50K: 31 Hari, 50.000 Kata
Informasi. Pastilah jika kita bergabung pada suatu komunitas manapun manfaat yang kita dapatkan adalah banyaknya informasi yang dapat kita serap, khususnya hal-hal yang sebelumnya tidak kita ketahui yang berkaitan dengan tulis-menulis. Menulis itu gampang-gampang susah! Gampangnya: kalau asal tulis semua orang juga bisa. Susahnya: untuk menjadi tulisan yang bernilai dan mudah dimengerti pembaca lain, pasti susah, karena harus berurusan dengan masalah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), kosakata, grammar, dan lain-lain. Apalagi tulisan fiksi, harus bisa menumbuhkan daya imajinasi, karena tidak semua tulisan berdasarkan pengalaman (baik pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain). Mau tidak mau fiksi memang harus berkolaborasi dengan imajinasi.
Konsultasi. Belajar apapun baik secara offline maupun online, pasti ada yang namanya Tanya-jawab, sharing, yang bersifat konsultatif walaupun tidak secara personal. Ide-ide kreatif akan muncul dengan semakin banyaknya ilmu yang kita serap. Semakin banyak kita sharing, Tanya-jawab, atau konsultasi pada ahlinya (expert), semakin banyak pula ilmu kita. Makanya buat para penulis ke Kampung fiksi saja! Tidak susah tinggal online di http://www.kampungfiksi.com. Ada pepatah mengatakan “malu bertanya sesat di jalan“, supaya tidak terjadi kesalahan dalam penulisan, maka bertanyalah pada ahlinya. Kampung fiksi ada memang untuk kita, para penulis.
Bukan hanya wanita yang ingin dimengerti, suatu tulisan (fiksi atau nonfiksi) juga harus dapat dimengerti oleh pembacanya. Kampung fiksi mengerti kebutuhan anda tentang bagaimana membuatu suatu tulisan yang baik, oleh karena itu, Kampung Fiksi menyediakan berbagai pelayanan. Apalagi bagi anda yang ingin menerbitkan buku, majalah, bulletin kalau mau menjadi legal pasti membutuhkan ISBN. Kampung Fiksi juga menyediakan pelayanan untuk mengurus ISBN.
Secara detail, Kampung Fiksi menyediakan pelayanan, khusus bagi penulis/penulisan fiksi, yaitu:
  1. Copy Editing: Koreksi aksara (typos), koreksi kalimat, pemilihan diksi, ejaan, dengan syarat naskah sudah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar (EYD)
  2. Developmental Editing dan/atau Substantive Editing: Pelayanan pengembangan ide dan konsep (Developmental) dan Pelayanan edit konten (Substantive) sesuai dengan perjanjian & kesepakatan antara Kampung Fiksi dan klien.
  3. Kelas Online menulis fiksi
  4. Mengurus ISBN
Sekilas info mengenai Kampung fiksi kelihatan tidak menarik, tetapi kalau anda menjadi bagian dari mereka, anda akan menemukan yang lebih menarik. Never judge the book by its cover. Memang sudah menjadi syarat utama kalau ingin tahu  lebih banyak tentang Kampung Fiksi hukumnya menjadi “wajib” untuk gabung dengan Kampung Fiksi, “tak kenal maka tak sayang”.
Semoga sedikit informasi Kampung Fiksi yang tidak panjang di atas, bisa dimengerti dan dipahami  oleh pembaca blog ini. Amin.

"Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, BentangPustaka, Stiletto Book dan Loveable."

Related Post:

Written by: Hyen Indiar Advariant Updated at: 07.28

Penulis: Unknown ~ Building directory

Artikel Kampung fiksi: Edukasi, informasi, konsultasi ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 08 Februari 2014 Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Kampung fiksi: Edukasi, informasi, konsultasi ini. Sertakan link https://advariant.blogspot.com/2014/02/kampung-fiksi-edukasi-informasi.html ini jika anda gunakan sebagai referensi. Semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda menyukai Blog ini, silahkan like di http://facebook.com/hyen.indiar dan follow kami di http://twitter.com/linkvariasi. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang sopan, setiap komentar yang sesuai tema akan diterima dengan baik, dan yang Anonymous kami mohon maaf terpaksa dihapus!