Selasa, 10 Desember 2013

PENULISAN FINAL REPORT



Untuk akhir masa studi (program sarjana), biasanya, diharuskan membuat karya ilmiah dalam bentuk skripsi (S-1), tesis atau disertasi (S-2). Istilah final report sama dengan laporan akhir (skripsi, tesis, disertasi). Sistematika pembahasan secara umum formatnya, sebagai berikut:
§  BAB 1 berisi PENDAHULUAN, yang menjelaskan latar belakang pentingnya stu­di ini ser­ta memberikan arahan kemana studi ini hendak di­tu­ju. Bab 1 ini berisi:
  1. Latar Belakang
  2. Permasalahan
  3. Batasan Masalah
  4. Tujuan
  5. Manfaat
  6. Sistematika pembahasan
§  BAB 2 menunjukkan LANDASAN TEORITIS, yang menjelaskan secara teoritis me­ngenai tema penelitian yang diangkat secara umum. Teori ini dapat diambil da­ri hasil penelitian terdahulu, buku yang relevan, atau berupa hipotesis se­men­tara.
§  BAB 3 menguraikan PENDEKATAN STUDI, yang menjelaskan metodologi pene­li­ti­an. Menguraikan bagai­ma­na tujuan studi ini akan dicapai. Berisi tentang:
  1. Lokasi Studi
  2. Jenis Penelitian
  3. Jenis Data
  4. Sumber Data
  5. Merodologi Penelitian
§  BAB 4 adalah ANALISIS DESKRIPTIF, yang me­maparkan bagaimana evaluasi ber­dasarkan kalkulasi data sekunder. Analisis ini dilakukan dengan meng­gu­na­kan statistic deskriptif (distribusi frekuensi), dan statistic inferensial (regresi, ko­relasi, dan lain-lain).
§  BAB 5 adalah HASIL PELAKSANAAN SURVEI, yang melaporkan ha­­sil survei lapangan untuk memotret objek penelitian yang dimaksud. Kalkulasi berdasar­kan data primer.
§  BAB 6 adalah PENUTUP, yang menyimpulkan studi ini serta me­ngu­­sul­kan be­be­ra­pa rekomendasi sehubungan dengan hasil penelitian. Jika dalam studi ini mem­pertimbangkan beberapa hal yang menjadi kekurangan studi, maka dalam BAB ini per­lu ditambah dengan keterbatasan.
Dalam instansi pemerintah dikenal istilah lapda, lapteng, dan lapkir. Isi dari ma­sing-masing adalah:
Lapda
:
Laporan pendahuluan, berisi BAB 1 s.d. BAB 3 dan daftar pustaka
Lapteng
:
Laporan tengah, berisi BAB 1 s.d. BAB 4 dan daftar pustaka
Lapkir
:
Laporan akhir, berisi BAB 1 s.d. selesai
Tujuan pemisahan laporan ini tidak lain hanya masalah teknis pencairan dana proyek. Se­men­tara dalam dunia akademis tidak ada istilah demikian.

Teknis penulisan

Tata cara penulisan laporan akhir, sebagai berikut:
1.    Menggunakan jarak 1,5 spasi (kalau 2 spasi terlalu lebar, dan tidak menarik). Biasanya, menggunakan kertas kuarto (21 cm x 28 cm) atau A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan  kualitas minimal 70 gram.
2.    Jenis huruf (font style) bisa menggunakan Tahoma (bebas), Font size (ukuran huruf) 12 pt.
3.    Batas (margin) yang biasa digunakan Left 4 cm, Top 4 cm, Right 3 cm dan Bottom 3 cm.
4.    Penomoran halaman (page numbers) sebelum BAB 1 digunakan huruf romawi (i, ii, iii, …), sedangkan nomor untuk tiap BAB menggunakan angka latin/biasa (1, 2, 3, …).
5. Di dalam tiap BAB biasanya dipecah menjadi sub-sub BAB, maka cara penulisannya, adalah dengan menggunakan Numbering:
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
1.2
PERMASALAHAN
1.3
BATASAN MASALAH
6.    Keterangan gambar ditaruh di bawah gambar. 

7.   Istilah dalam bahasa asing ditulis dengan menggunakan huruf miring (italics).
Written by: Hyen Indiar Advariant Updated at: 18.46

Penulis: Unknown ~ Building directory

Artikel PENULISAN FINAL REPORT ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 10 Desember 2013 Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang PENULISAN FINAL REPORT ini. Sertakan link https://advariant.blogspot.com/2013/12/penulisan-final-report.html ini jika anda gunakan sebagai referensi. Semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda menyukai Blog ini, silahkan like di http://facebook.com/hyen.indiar dan follow kami di http://twitter.com/linkvariasi. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang sopan, setiap komentar yang sesuai tema akan diterima dengan baik, dan yang Anonymous kami mohon maaf terpaksa dihapus!