Minggu, 29 Desember 2013

Tipe Penelitian

Ada tiga tipe penelitian: 
1. Penelitian penjajakan (eksploratif). Bersifat terbuka, masih mencari-cari dan belum memiliki hipotesa. Pengetahuan peneliti masih sedikit. Penelitian penjajakan, sering dilakukan sebagai langkah pertama untuk penelitian selanjutnya. Baik penelitian penjelasan maupun penelitian deskriptif.
2. Penelitian penjelasan (explanatory atau confirmatory research). Menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesa telah dirumuskan sebelumnya. oleh karena itu, dinamakan juga penelitian pengujian hipotesa atau testing research. Walaupun uraiannya mengandung deskripsi, tetapi sebagai penelitian relasional fokusnya terletak pada penjelasan hubungan-hubungan antar variabel.
3. Penelitian deskriptif. Penelitian ini biasanya memiliki dua tujuan: pertama, untuk mengetahui perkembangan sarana fisik tertentu atau frekuensi terjadinya suatu aspek fenomena sosial tertentu, contoh jumlah kendaraan roda dua, dan lain-lain. Hasilnya dicantumkan dalam tabel-tabel frekuensi. Kedua, untuk menjelaskan secara terperinci fenomena sosial tertentu, contoh interaksi sosial, sistem kekerabatan, dan lain-lain. Penelitian seperti ini biasanya dilakukan tanpa hipotesa, adakalanya menggunakan hipotesa tetapi tidak diuji secara statistik.
Sumber: Singarimbun, Masri. 1987. Metode Penelitian Survei. LP3ES: Jakarta
Related link:
Research activity
Tipe penelitian
Analytical Hierarchy Process in Selection
Analytical Hierarchy Process Scale
Random Index of Analytical Hierarchy Process

Related Post:

Written by: Hyen Indiar Advariant Updated at: 10.37

Penulis: Unknown ~ Building directory

Artikel Tipe Penelitian ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 29 Desember 2013 Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Tipe Penelitian ini. Sertakan link https://advariant.blogspot.com/2013/12/tipe-penelitian.html ini jika anda gunakan sebagai referensi. Semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda menyukai Blog ini, silahkan like di http://facebook.com/hyen.indiar dan follow kami di http://twitter.com/linkvariasi. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang sopan, setiap komentar yang sesuai tema akan diterima dengan baik, dan yang Anonymous kami mohon maaf terpaksa dihapus!